Selasa, 15 Maret 2016

TUGAS REVIEW SKRIPSI



TUGAS REVIEW SKRIPSI
A.    Hasil Review BAB II (Kajian Pustaka)
Ø  Pada bab ini diuraikan teori-teori dan terdapat 5 hasil penelitian yang relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang diangkat. Bab ini berisi kutipan atau pencantuman teori-teori, konsep, proposisi, dan paradigma secara berjajar dan runtut yang diambil dari berbagai sumber. Kutipan tersebut juga sesuai dan merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan. Sehingga ada benang merah antara pernyataan masalah, tinjauan umum, hingga solusi akhir yang dihasilkan.
Ø  Sub bab pertama dalam bab ini telah memaparkan konsep-konsep teoritis serta 5 hasil penelitan dan pengamatan yang terkait dengan kondisi yang dihadapi dari topic skripsi yang telah dipilih. Dasar teori yang dituliskan cukup ringkas dan telah dikupas secara mendalam, lengkap dengan referensinya. Bentuk kutipan yang dibuat telah mengacu pada aturan penulisan ilmiah, dan kata kunci dalam penelitian ini telah sesuai dengan judul tersebut. Namun ada beberapa hal atau redaksi yang kurang sesuai dengan penulisan ilmiah, seperti ada beberapa kata yang rancu.
Ø  Dan konsep-konsep teoritis tersebut juga telah menggambarkan variable dan hubungan variable penelitiannya.
Ø  Pada Bab ini telah memuat hipotesis yang telah dirumuskan secara singkat, lugas dan jelas dinyatakan dalam kalimat bentuk pernyataan. Dimana hipotesis ini telah dirumuskan atas dasar kajian teoritis dan kerangka berfikir yang telah dikemukakkan sebelumnya.
Ø  Jadi dalam Bab II Kajian Pustaka ini kita harus memperhatikan rencana judul, pilihan kata kunci teori yang dikembangkan dalam Sub Judul tinjauan pustaka, sumber referensi dan hasil penelitian yang relevan, serta hipotesis yang telah dirumuskan yang sesuai dengan topic judul.
B.     Hasil Review BAB IV (Hasil dan Pembahasan)
Ø  Bab ini berisi deskripsi dan pembahasan hasil penelitian.
Ø  Pada bab ini terdapat beberapa kalimat yang rancu, dan ada beberapa kata yang ditulis kurang sesuai dengan aturan penulisan.
·         (….pokok bahasan yang akan dipelajari dengan menghadirkan peristiwa.) seharusnya peneliti harus memperjelas mengenai peristiwa tersebut.
Ø  Pada bagian ini peneliti mengolah data yang telah diperoleh berupa hasil tes kemampuan pemecahan dan gain kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelompok eksperimen dan kelompok control.
Ø  Setelah itu peneliti menganalisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis sesuai dengan prosedur tahapan yang dilakukan diantaranya adalah uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji perbedaan dua rata-rata (uji-t).
Ø  Pada bab ini peneliti mulai membandingkan hasil penelitiannya dengan beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang lainnya, dan hasil tersebut sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain sebelumnya. Sehingga menurut peneliti penelitian yang dilakukannya cukup berhasil.
Ø  Peneliti telah melakukan penafsiran dan pemaknaan terhadap semua hasil penelitian yang ada.
Ø  Pada bagian ini data penelitian telah diuji dan ditafsirkan maknanya secara konseptual.
Ø  Peneliti telah memberikan penafsiran untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana hasil-hasil penelitian itu terjadi. Dalam penelitian ini peneliti menyatakan bahwa kelas eksperimen dan kelas control mempunyai kemampuan yang berbeda setelah adanya treatment yang dilakukan peniliti pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Novick dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
C.    Hasil Review BAB V (Simpulan / Kesimpulan dan Saran)
Ø  Simpulan dalam bab ini telah menjawab permasalahan yang diangkat dalam skripsi tersebut, dimana solusi yang diambil adalah sesuai dengan kondisi dan batasan permasalahan yang ditentukan.
Ø  Peneliti menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan telah tercapai secara tegas dan lugas.
Ø  Peneliti juga telah menjelaskan secara singkat mengenai kelebihan dari solusi yang ditawarkan yang belum pernah dilakukan oleh peneliti yang lain.
Ø  Saran yang diberikan peneliti memberikan rekomendasi agar hasil penelitian tersebut dapat diaplikasikan dan menjadi alternative dalam proses pembelajaran yang dilakukan.
Ø  Saran yang diberikan oleh peneliti juga mengemukakan kelemahan yang dilakukan oleh peneliti. Pada penelitian ini misalnya peneliti menyatakan bahwa seharusnya peneliti dapat melanjutkan dengan aspek penelitian yang lain pada kajian yang lebih luas, misalnya pada materi, populasi, kompetensi matematis maupun kemampuan afektif yang berbeda.
Ø  Serta saran yang disampaikan oleh peneliti memberikan arahan kepada peneliti berikutnya sebagai penyempurnaan karya yang dihasilkan. Dan saran tersebut memiliki keterkaitan dengan manfaat penelitian di Bab I pendahuluan yang telah direview.
D.    Hasil Review Daftar Pustaka
Ø  Penulisan daftar pustaka pada penelititan ini telah disusun berdasarkan abjad dan telah sesuai dengan aturan penulisan ilmiah.
Ø  Penulisan daftar pustaka yang dikutip dari web oleh peneliti telah mencantumkan tanggal akses terakhir kali. Namun untuk sumber yang diambil dari web harus merupakan web resmi yang dapat dipertanggung jawabkan sumber dan kebenarannya.
Ø  Pustaka yang dijadikan acuan oleh peneliti sudah cukup relevan dan mutakhir.
Ø  Sumber pustaka yang diambil oleh peneliti adalah dari jurnal hasil penelitian, buku dan web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar