Selasa, 15 Maret 2016

Skenario Pembelajaran




Skenario Pembelajaran
            Pada pembelajaran kali ini saya menggunakan metode saintifik dengan menggunakan media pembelajaran agar siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Pada materi Statistika kelas VIII ini sebenarnya terdapat 3 materi yang harus diterima oleh siswa, yaitu : materi mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Namun karena keterbatasan waktu akhirnya saya memutuskan untuk memilih satu materi yang akan disampaikan pada praktek pembelajaran dikelas nanti, yaitu mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang.  Adapun langkah-langkah pembelajarannya yaitu :
Kegiatan
Waktu
Uraian Kegiatan
Pendahuluan
 5 menit
1.        Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa. 
2.        Guru menyampaikan salam dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.          Apersepsi:
a. Dengan tanya jawab guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan statistika.
b. Peserta didik mengamati tayangan penyajian data dengan computer seperti berikut ini :
Description: Diagram Batang NilaiDescription: Diagram Batang Suhu
4.        Guru bertanya kepada peserta didik, setelah melihat tayangan tersebut apa yang ada di benak kalian?
5.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.        Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.
Inti
10 menit
Mengamati
1.    Peserta didik mengamati permasalahan  yang berkaitan dengan tabel dan penyajian data dalam diagram batang secara manual yang ada pada buku siswa halaman 179-185 dan LKS (terlampir)

Menanya
1.      Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan. Diharapkan pertanyaan yang muncul :
a.    Bagaimanakah cara menggambar diagram batang?
b.    apakah lebar setiap batang harus sama ?
c.    apakah jarak antara batang-batang yang berdekatan harus sama ?

2.    Apabila proses bertanya dari peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
       Contoh pertanyaan penuntun/pancingan
“Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?”

Mengumpulkan informasi
1.      Secara berkelompok 3-4 orang, peserta didik mencermati informasi pada buku siswa halaman 179-185, khususnya terkait informasi: data, membuat table dari data dan diagram batang secara manual.
2.      Secara berkelompok peserta didik mencoba merumuskan cara menggambar diagram batang secara manual

Mengasosiasi
1.         Secara berkelompok peserta didik menyimpulkan hasil diskusi terkait cara menyajikan data dengan diagram batang secara manual
2.         Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusinya.
3.         Untuk mengetahui pemahaman materi yang dipelajari, peserta didik mengerjakan latihan soal pada buku siswa halaman 186 no. 2

Mengkomunikasikan
1.         Salah satu wakil  kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2.         Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi yang disajikan,  meliputi: bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
3.         Guru memberikan umpan balik / konfirmasi.   

Mencipta
     Peserta didik secara berkelompok menyajikan data bentuk tabel dan diagram batang dalam program excel dengan komputer.

Penutup
5 menit
1.        Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan tentang menyajikan data dalam bentuk diagram batang.
2.        Guru menanyakan “ apa yang kalian pelajari hari ini?
3.        Guru memberikan kuis secara individual ( terlampir )
4.        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan  berikutnya
5.        Guru menyampaikan salam untuk mengakhiri pembelajaran..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar