TUGAS REVIEW SKRIPSI
A. Hasil Review BAB II (Kajian
Pustaka)
Ø Pada
bab ini diuraikan teori-teori dan terdapat 5 hasil penelitian yang relevan
dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang diangkat. Bab ini berisi kutipan
atau pencantuman teori-teori, konsep, proposisi, dan paradigma secara berjajar
dan runtut yang diambil dari berbagai sumber. Kutipan tersebut juga sesuai dan
merupakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan.
Sehingga ada benang merah antara pernyataan masalah, tinjauan umum, hingga
solusi akhir yang dihasilkan.
Ø Sub
bab pertama dalam bab ini telah memaparkan konsep-konsep teoritis serta 5 hasil
penelitan dan pengamatan yang terkait dengan kondisi yang dihadapi dari topic
skripsi yang telah dipilih. Dasar teori yang dituliskan cukup ringkas dan telah
dikupas secara mendalam, lengkap dengan referensinya. Bentuk kutipan yang
dibuat telah mengacu pada aturan penulisan ilmiah, dan kata kunci dalam
penelitian ini telah sesuai dengan judul tersebut. Namun ada beberapa hal atau
redaksi yang kurang sesuai dengan penulisan ilmiah, seperti ada beberapa kata
yang rancu.
Ø Dan
konsep-konsep teoritis tersebut juga telah menggambarkan variable dan hubungan
variable penelitiannya.
Ø Pada
Bab ini telah memuat hipotesis yang telah dirumuskan secara singkat, lugas dan
jelas dinyatakan dalam kalimat bentuk pernyataan. Dimana hipotesis ini telah
dirumuskan atas dasar kajian teoritis dan kerangka berfikir yang telah
dikemukakkan sebelumnya.
Ø Jadi
dalam Bab II Kajian Pustaka ini kita harus memperhatikan rencana judul, pilihan
kata kunci teori yang dikembangkan dalam Sub Judul tinjauan pustaka, sumber
referensi dan hasil penelitian yang relevan, serta hipotesis yang telah
dirumuskan yang sesuai dengan topic judul.
B.
Hasil
Review BAB IV (Hasil dan Pembahasan)
Ø Bab
ini berisi deskripsi dan pembahasan hasil penelitian.
Ø Pada
bab ini terdapat beberapa kalimat yang rancu, dan ada beberapa kata yang
ditulis kurang sesuai dengan aturan penulisan.
·
(….pokok bahasan yang akan dipelajari
dengan menghadirkan peristiwa.) seharusnya peneliti harus memperjelas mengenai
peristiwa tersebut.
Ø Pada
bagian ini peneliti mengolah data yang telah diperoleh berupa hasil tes
kemampuan pemecahan dan gain kemampuan pemecahan masalah matematis pada
kelompok eksperimen dan kelompok control.
Ø Setelah
itu peneliti menganalisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis sesuai
dengan prosedur tahapan yang dilakukan diantaranya adalah uji normalitas dan
uji homogenitas kemudian uji perbedaan dua rata-rata (uji-t).
Ø Pada
bab ini peneliti mulai membandingkan hasil penelitiannya dengan beberapa
penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang lainnya, dan hasil tersebut
sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain sebelumnya.
Sehingga menurut peneliti penelitian yang dilakukannya cukup berhasil.
Ø Peneliti
telah melakukan penafsiran dan pemaknaan terhadap semua hasil penelitian yang
ada.
Ø Pada
bagian ini data penelitian telah diuji dan ditafsirkan maknanya secara
konseptual.
Ø Peneliti
telah memberikan penafsiran untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana hasil-hasil
penelitian itu terjadi. Dalam penelitian ini peneliti menyatakan bahwa kelas
eksperimen dan kelas control mempunyai kemampuan yang berbeda setelah adanya
treatment yang dilakukan peniliti pada kelas eksperimen dengan menggunakan model
pembelajaran Novick dengan pendekatan Contextual
Teaching Learning (CTL) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan
pembelajaran konvensional.
C.
Hasil
Review BAB V (Simpulan / Kesimpulan dan Saran)
Ø Simpulan
dalam bab ini telah menjawab permasalahan yang diangkat dalam skripsi tersebut,
dimana solusi yang diambil adalah sesuai dengan kondisi dan batasan
permasalahan yang ditentukan.
Ø Peneliti
menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan telah tercapai secara tegas dan
lugas.
Ø Peneliti
juga telah menjelaskan secara singkat mengenai kelebihan dari solusi yang
ditawarkan yang belum pernah dilakukan oleh peneliti yang lain.
Ø Saran
yang diberikan peneliti memberikan rekomendasi agar hasil penelitian tersebut
dapat diaplikasikan dan menjadi alternative dalam proses pembelajaran yang
dilakukan.
Ø Saran
yang diberikan oleh peneliti juga mengemukakan kelemahan yang dilakukan oleh
peneliti. Pada penelitian ini misalnya peneliti menyatakan bahwa seharusnya
peneliti dapat melanjutkan dengan aspek penelitian yang lain pada kajian yang
lebih luas, misalnya pada materi, populasi, kompetensi matematis maupun
kemampuan afektif yang berbeda.
Ø Serta
saran yang disampaikan oleh peneliti memberikan arahan kepada peneliti
berikutnya sebagai penyempurnaan karya yang dihasilkan. Dan saran tersebut
memiliki keterkaitan dengan manfaat penelitian di Bab I pendahuluan yang telah
direview.
D.
Hasil
Review Daftar Pustaka
Ø Penulisan
daftar pustaka pada penelititan ini telah disusun berdasarkan abjad dan telah
sesuai dengan aturan penulisan ilmiah.
Ø Penulisan
daftar pustaka yang dikutip dari web oleh peneliti telah mencantumkan tanggal
akses terakhir kali. Namun untuk sumber yang diambil dari web harus merupakan
web resmi yang dapat dipertanggung jawabkan sumber dan kebenarannya.
Ø Pustaka
yang dijadikan acuan oleh peneliti sudah cukup relevan dan mutakhir.
Ø Sumber
pustaka yang diambil oleh peneliti adalah dari jurnal hasil penelitian, buku
dan web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar