Skenario Pembelajaran
Pada pembelajaran kali ini saya
menggunakan metode saintifik dengan menggunakan media pembelajaran agar siswa
lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Pada materi Statistika kelas VIII
ini sebenarnya terdapat 3 materi yang harus diterima oleh siswa, yaitu : materi
mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang, diagram garis dan diagram
lingkaran. Namun karena keterbatasan waktu akhirnya saya memutuskan untuk
memilih satu materi yang akan disampaikan pada praktek pembelajaran dikelas
nanti, yaitu mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang. Adapun langkah-langkah pembelajarannya yaitu
:
Kegiatan
Waktu
|
Uraian Kegiatan
|
Pendahuluan
5 menit
|
1.
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa.
2.
Guru menyampaikan salam dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran peserta didik.
3.
Apersepsi:
a.
Dengan tanya jawab guru
memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
statistika.
b.
Peserta didik mengamati tayangan penyajian data dengan computer seperti
berikut ini :
![]() ![]()
4.
Guru bertanya kepada peserta
didik, setelah melihat tayangan tersebut apa yang ada di benak kalian?
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan peserta didik hari
ini, yaitu peserta didik akan bekerja secara individu dan kelompok.
|
Inti
10 menit
|
Mengamati
1.
Peserta didik mengamati
permasalahan yang berkaitan dengan
tabel dan penyajian data dalam diagram batang secara manual yang ada pada
buku siswa halaman 179-185 dan LKS (terlampir)
Menanya
1.
Peserta didik didorong untuk
mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan yang dilakukan. Diharapkan
pertanyaan yang muncul :
a. Bagaimanakah cara
menggambar diagram batang?
b. apakah lebar setiap batang harus sama ?
c. apakah jarak antara
batang-batang yang berdekatan harus sama ?
2.
Apabila proses bertanya dari
peserta didik kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/ pancingan secara bertahap.
Contoh pertanyaan
penuntun/pancingan
“Setelah
membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?”
Mengumpulkan informasi
1. Secara
berkelompok 3-4 orang, peserta didik mencermati informasi pada buku siswa halaman 179-185, khususnya
terkait informasi: data, membuat table dari data dan diagram batang secara
manual.
2.
Secara berkelompok peserta didik
mencoba merumuskan cara menggambar diagram batang secara manual
Mengasosiasi
1.
Secara berkelompok peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi terkait cara menyajikan data dengan diagram batang
secara manual
2.
Peserta didik menuliskan kesimpulan hasil diskusinya.
3.
Untuk mengetahui pemahaman materi
yang dipelajari, peserta
didik mengerjakan latihan soal pada buku siswa halaman
186 no. 2
Mengkomunikasikan
1.
Salah satu wakil kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
2.
Peserta didik yang lain memberikan tanggapan atas presentasi
yang disajikan, meliputi: bertanya,
mengkonfirmasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
3.
Guru memberikan umpan balik /
konfirmasi.
Mencipta
Peserta didik secara berkelompok menyajikan data
bentuk tabel dan
diagram batang dalam program excel dengan komputer.
|
Penutup
5 menit
|
1.
Peserta didik bersama-sama dengan
guru membuat kesimpulan tentang menyajikan data dalam bentuk diagram batang.
2.
Guru menanyakan “ apa yang kalian
pelajari hari ini?
3.
Guru memberikan kuis secara
individual ( terlampir )
4.
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya
5.
Guru menyampaikan salam untuk mengakhiri
pembelajaran..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar