BISNIS PLAN USAHA PIGURA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Usaha
Pigura Math Quotes ini berawal dari tugas kelompok mata pelajaran Kewirausahaan
dalam Bidang Matematika. Secara tidak sengaja kami melihat adanya peluang usaha
cukup bagus dalam bidang ini. Usaha ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peminat
penggunaan pigura untuk menghiasi dinding ruangan atau tempat usaha, misalnya
cafe, tempat makan dsb. Maka kami ingin memanfaatkan peluang yang ada pada saat
ini. Kami memutuskan untuk mewujudkan usaha pigura ini menjadi usaha
komersil.
BAB II
ASPEK PRODUKSI
A.
Judul Usaha :
“Pigura Math Quotes”
B.
Alasan memilih usaha :
Ø Dari segi
kebutuhan konsumen : Pigura merupakan hiasan dinding yang biasanya berisi
gambar, pajangan, hingga foto keluarga. Dengan memasang pigura beserta pajangan
yang ada di dalamnya, maka kehidupan dinding dan perabot interior yang ada akan
semakin terlihat indah. Dan saat ini sedang trend nya desain interior yang
lebih modern dan unik. Dan kami memanfaatkan keindahan seni matematika untuk
menjadi salah satu ciri khas dari karya kami untuk di desain semenarik mungkin.
Ø Dari segi modal : untuk usaha Pigura
Math Quotes tidak membutuhkan modal yang besar dan untuk usaha ini membutuhkan
kreatifitas yang unik dan menarik.
Oleh karena itu kami memilih usaha
dalam bidang kerajinan Pigura Math Qoutes.
C. Keistimewaan Produk
Pigura Math Qoutes mempunyai
beberapa keistimewaan antara lain :
Ø Mempunyai desain yang edukatif.
Ø Memakai bahan yang berkualitas.
Ø Hasil akhir produk yang rapid an
bagus.
D. Lokasi Penjualan
Untuk sementara kami memilih
penjualan dengan “Online Shop”. Dengan memanfaatkan sarana situs resmi jual
beli. Alasan kami memilih cara “Online Shop” karena, kami baru memulai usaha
dan mempunyai modal yang terbatas dan kami menilai internet sebagai media promosi
dan jual beli yang efektif. Karena hal tersebut kami memilih “Online Shop”.
E. Peralatan dan Perlengkapan
Ø Peralatan :
·
gergaji
besi ( 1 buah)
·
penggaris
(1 buah)
·
sikuan
(1 buah)
·
pensil
(2 buah )
·
gunting
kertas (1 buah)
Ø Perlengkapan :
·
Lem
G (1 buah)
·
Lem
rajawali (1 bungkus)
·
Paku
(9 buah)
·
Kardus
(1 buah)
·
Kayu
(1,5 meter)
·
Kayu
biasa ( 1 meter)
·
Kaca
secukupnya
·
Cat
semprot (1 buah)
·
Printer
( 1 buah)
·
Laptop
untuk mendesain ( 1 buah)
F.
Keterampilan
yang Harus dimiliki
·
Menggergaji
kayu
·
Mendimensi
pigura sesuai ukuran
·
Terampil
membuat desain gambar atau konsep pigura Math Quotes
·
Membuat
bingkai pigura.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A.
Analisis
STP
Ø Segmentasi Pasar
Sasaran konsumen usaha kami yaitu
sebagian besar dari kalangan menengah kebawah dan dari kalangan menengah
keatas.
Ø Target Pasar
Target pasar yaitu masyarakat umum,
pelajar, pengusaha café atau tempat makan, serta masyarakat yang gemar
mengoleksi pigura.
Ø Positioning
Penempatan atau penyesuaian kami
dalam usaha pigura yang sudah ada sebelumnya yaitu produk kami memiliki
keistimewaan disbanding produk pigura lainnya, antara lain :
·
Mempunyai
desain yang edukatif.
·
Memakai
bahan yang berkualitas.
·
Hasil
akhir produk yang rapih dan bagus.
B. Strategi Promosi
Ø Sementara dengan memanfaatkan
Internet sebagai media promosi. Situs-situs jual beli yang kami gunakan. Ketika
usaha mulai berkembang, langkah promosi lebih lanjut yaitu dengan membuat
brosur dan membagikannya. Dan membangun kios kecil untuk usaha.
Ø Alasan
Menggunakan internet karena dinilai
promosi efektif dan efisien dan cocok untuk usaha dengan modal terbatas. Dan
menggunakan situs jual beli.
Ø Perkiraan Biaya Promosi
Karena sementara menggunakan
internet dan menggunakan situs-situs jual beli yang gratis untuk memasang
iklan, hanya terkena biaya untuk koneksi internet. Diperkirakan butuh biaya
50.000/bulan untuk paket internet.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
A. Total Kebutuhan Modal
Kayu List =
5.000
Kaca =
10.000
B. Sumber Modal
Ø Iuran dari kelompok kami yang beranggotakan 5 orang @ 3.000
C. Target Penjualan Produk Tiap Bulan
Ø Kami satu hari memproduksi 2 buah
pigura (hari minggu tidak produksi), jadi satu bulan memproduksi 52 buah . Jadi
target penjualan produk tiap bulan 52 buah.
D. Rincian Penjualan dan Untung
Ø Modal = 15.000
Ø Hargai perunit = 25.000
Ø Hitungan BEP
·
Harga
tetap per bulan : 780.000 (berasal iuran
setiap hari 30.000)
·
Harga variabel perunit : kaca = 5.000, kayu lis = 3.000, cat pernis =
4.000 dan lain-lain= 3.000
BEP dalam unit = 780.000 =
78 unit
25.000 – 15.000
BEP dalam rupiah = 780.000 =
1.950.000 rupiah
10.000 : 25.000
Jadi BEP tercapai ketika penjualan mencapai 78 unit atau
penjualan telah mencapai nilai 1.950.000 rupiah
Keuntungan Satu hari
-
Modal = 15.000
-
Harga per unit = 25.000
-
Target penjualan satu hari = 2 buah
-
adi keuntungan satu hari = 50.000 –
30.000 = 20.000
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil
pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa target pasar cukup luas untuk
prospek kedepannya cukup menjanjikan. Dengan modal awal Rp30.000 di dapat kan
laba sebesar Rp20.000 Per harinya. Jadi semakin besar modal yang kita tanam,
maka semakin besar pula laba yang kita peroleh, dan diiringi dengan keuletan,
keteguhan jiwa pantang menyerah dan cara kerja yang baik.
B.
Rekomendasi
Demikianlah
bisnis plan dan BEP yang kami buat, dengan serinci-rinci, dan
sedetail-detailnya, semoga langkah yang kami lakukan bermanfaat bagi kami
sendiri sebagai pegusul dan masyarakat pada umumnya demi peningkatan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang kokoh, dan dapat dipertimbangkan oleh Dosen
Kewirausahaan. Semoga bisnis plan ini dapat turut andil dalam mencerdaskan umat
dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi berbasis Kerakyatan.
Terima kasih.
LAMPIRAN




Tidak ada komentar:
Posting Komentar